cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
ISSN : 24074454     EISSN : 25283553     DOI : https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022)" : 8 Documents clear
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI UNTUK ANAK USIA DINI Yuniar Eka Putri; Rd Funny Mustikasari Elita; Ilham Gemiharto
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16023

Abstract

Kebijakan social distancing dan physical distancing yang ditetapkan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 memberikan dampak pada kegiatan belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Proses belajar mengajar pada anak usia dini yang cenderung melibatkan tatap muka, interaksi dan keterlibatan secara langsung harus dilakukan melalui pembelajaran online atau daring. Diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat menciptakan atmosfer sekolah walaupun kegiatan sekolah ditutup, yaitu melalui pemanfaatan media sosial WhatsApp karena dinilai sangat mudah digunakan bagi orang tua  dan memiliki banyak fitur yang memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi anak usia dini. Penelitian ini mengambil tujuan untuk melihat bagaimana dan sejauh apa pemanfaatan media sosial WhatsApp dapat mengubah perilaku belajar anak usia dini di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan mengambil lokus penelitian di TPA Bale Bermain Anwari Jakarta Timur. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial WhatsApp dinilai cukup efektif sebagai media pembelajaran daring karena dapat menjadi sarana edukasi dan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar bagi anak usia dini. Namun demikian, penggunaan jaringan internet masih menjadi kendala bagi guru dan orang tua  sehingga membutuhkan kebijakan baru dalam dunia pendidikan selama masa pandemi agar tetap tercipta pendidikan Indonesia yang bermutu dan berkualitas.
PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRA SEKOLAH: SEBUAH SYSTEMATIC REVIEW Alfiana Nur Aisyah; Dita Eka Aristiana; Hilmiyah Ariqoh; Abdul Muhid
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14518

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek perkembangan yang sangat penting, karena hal tersebut adalah atribut yang berharga dari kehidupan sosial seseorang. Bagi anak pra sekolah, rasa percaya diri merupakan aspek diri yang harus dibangun karena sangat diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya. Sehingga anak-anak yang tidak percaya diri dapat tertinggal dan bermasalah dalam perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan mengumpulkan sumber literatur berupa jurnal yang membahas tema serupa. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor utama dalam meningkatkan kepercayaan diri anak pra sekolah adalah peran guru dalam memberikan metode belajar. Salah satu metode belajar yang efektif dan mudah digunakan adalah metode bercerita. Dalam pembelajaran metode bercerita anak dapat belajar berkomunikasi secara lisan melalui kalimat-kalimat yang mereka dengar serta interaksi yang terjadi saat guru sedang bercerita. Melalui cerita tersebut, anak dapat menanamkan nilai-nilai positif seperti keberanian, kemandirian, kerjasama dan lain sebagainya. Sehingga terbentuknya kepercayaan diri melalui pengetahuan yang didapat dari proses belajar. 
SISTEM PEMBELAJARAN DI TK SATU ATAP LIMA PULUH SELAMA MASA PANDEMI Kholida Munasti; Na'imah Na'imah
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.15129

Abstract

The epidemic of coronavirus disease 19 (Covid-19) has dominated the world for about two years. This disrupts all human activity, one of which is in the field of education. Learning during a pandemic really worries teachers and parents  about  learning that schools provide students with an online system. Therefore, researchers want to see the online learning process during a pandemic. The purpose of this study was to find a learning system for the TK Satu Atap Lima Puluh in Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara during the Covid-19 pandemic. The method chosen in this study is qualitatively descriptive. Observations and interviews were used to collect data. The respondents to the survey were parents of one teacher and four students. The data analysis technique used is to describe exactly what the researcher receives. The  research phase begins with observations, interviews,  data reductions, and data analysis. The results showed that the learning process still followed the demands of parents and schools, the learning media did not vary much even mostly only used blackboards and markers and the teacher only explained what was written. Researchers recommend that this research  be done on a larger scale so that more meaningful learning can be applied to other educational environments.
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN “FLOODING MOCKUP” UNTUK MENGENALKAN SAMPAH DAN BANJIR PADA ANAK USIA DINI Ajeng Rizki Safira; Slamet Suyanto; Dinda Rizki Tiara; Nur Aini Mahbubah
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media Flooding Mockup yang layak dengan tujuan mengenalkan sampah serta banjir untuk anak usia dini dan (2) mengembangkan media Flooding Mockup yang efektif untuk mengenalkan sampah serta banjir untuk anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Pengumpulan data dengan wawancara, angket, penilaian kemampuan anak, dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari penembangan produk dan analisis penilaian pembelajaran. Hasil penelitian adalah (1) media Flooding Mockup ditinjau dari aspek materi serta media dinilai oleh ahli ialah layak digunakan mengenalkan "sampah serta banjir pada anak usia dini, dan (2) permainan media Flooding Mockup efektif untuk mengenal sampah serta banjir untuk anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dari hasil independent t test posttest yaitu p lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 ≤ maka dinyatakan bahwa dapat meningkatkan dengan signifikan kemampuan anak mengenal sampah serta banjir.
PENGARUH MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK PADA KELOMPOK B Rizqy Aisyah Leonia; Tutut Handayani; Yecha Febrieanitha Putri
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14058

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media loose part berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak kelompok B di Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui metode eksperimen, dan menggunakan desain eksperimen semu dan desain kelompok kontrol pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam bentuk statistik non parametrik uji tingkat Kolmogrov Smirnov dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis anak kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 42,5 dan 40,7, sedangkan nilai post-test anak kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 82 dan 72,3. nilai adalah 0,000, dan kurang dari 0,05 menunjukkan efek.
MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK: SEBUAH KAJIAN FENOMENOLOGI Muhammad Abdul Latif; Nida’ul Munafiah; Yulia Dwi Rachmawati
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988

Abstract

Perkembangan otak anak usia dini mengalami peningkatan sebesar 80%, seperti halnya teori piaget bahwa anak usia dini adalah usia kritis. Konsep belajar menyenangkan dengan asas bermain adalah cara anak usia dini belajar. Kebijakan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini menjadi fenomena yang gencar-gencarnya diterapkan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini dan pencapaian pada perkembangan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri atas pendiri, guru, perserta didik, dan orang tua di Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM). Analisis data menggunakan model Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM) memiliki konsep merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini yang membebaskan anak untuk belajar secara mandiri. Fasilitator di TA SALAM sebagai mediator anak untuk bertanya tentang apa yang sudah diperoleh di lingkungan. Pencapaian perkembangan kognitif anak di TA SALAM, terlihat bahwa kesiapan belajar anak di usia 5-6 tahun dikatakan sangat baik yaitu: anak menyelesaikan masalah sendiri, anak menemukan ide sendiri, anak mengenal warna, dan anak mengenal angka.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS LOOSE PART TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI Nurul Fauziah; Ichsan Ichsan; Ariq Nurjannah Irbah
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746

Abstract

Sebagian besar sebuah pembelajaran ditentukan oleh bagaimana cara pendidik dalam berkarya yang dibantu oleh model-model pembelajaran. Model pembelajaran yang berpusat pada anak (Student-centered learning), seperti model pembelajaran bermuatan STEAM merupakan model pembelajaran yang baik untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran STEAM berbasis loose part terhadap sikap kemandirian siswa TK Masyithoh II Sanansari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental research dengan desain One Group Pretest–Postest Design, dengan 16 anak sebagai responden, dengan membandingkan data yang diperoleh sebelum dan sesudah perlakuan. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dan wawancara dan uji analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji-T Test Paired. Hasil penelitian berupa adanya pengaruh yang kuat antara pembelajaran model STEAM berbasis loose part terhadap sikap kemandirian anak. Hal ini berdasarkan pada analisis uji t test paired yang dimana Sig. (2-tailed) 0.000 0.05.
TARIAN RANUP LAMPUAN: MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI Ade Tursina; Rita Mahriza; Agus Ramaida
PG-PAUD Trunojoyo Vol 9, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16478

Abstract

Perkembangan fisik motorik kasar menjadi penting bagi anak usia dini karena berkaitan dengan aspek perkembangan lainnya seperti kepercayaan diri maupun konsep diri, sehingga perlu stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui Tarian Ranup Lampuan di TK Islam Nasurullah dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui Tarian Ranup Lampuan di TK Islam Nasurullah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action classroom research) melalui dua siklus dengan melibatkan sebanyak 17 anak pada kelompok B di TK Islam Nasurullah.  Hasil penelitian ini berupa peningkatan kemampuan guru dalam mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak melalui tarian Ranup Lampuan. Hal ini tampak dari keseluruhan kemampuan guru yaitu siklus I mendapat nilai rata-rata 3,3 dengan kategori “Baik” dan pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 4,0 dengan kategori “Sangat Baik” dan Tarian Ranup Lampuan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1. Apabila dilihat dari hasil rata-rata ketercapaian anak pada siklus 1 yaitu 57,2%, dengan kriteria “Berkembang Sesuai Harapan”. Sedangkan pada siklus II anak meningkat mencapai nilai rata-rata 86,6% dengan kriteria “Berkembang Sangat Baik”. Hal ini telah mencapai kriteria keberhasilan yakni 80%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8